16 Oktober 2012

Jenis Kendaraan Berdasarkan Tipe Dan Fungsinya

Mungkin karena kebiasaan ataupun tradisi yang melekat kuat di setiap daerah pasti mempunyai sebutan khusus untuk berbagai jenis kendaraan yang ada disana, yang kebanyakan bermuara dari miss spell atau stigma suatu merek otomotif tertentu walaupun pada akhirnya sebutan itu sebetulnya merupakan penyelewengan nama menurut saya hehehe tapi berhubung itu adalah benda jadi masih wajar-wajar saja.

Walaupun sudah tertanam kuat di pikiran kita ada baiknya mulai sekarang mengetahui tentang jenis kendaraan berdasarkan tipe dan fungsinya, jadi nantinya gak malu-maluin dan ketinggalan jaman :D ya sekedar tahu saja lah dan natinya kalau memang sudah terbiasa dengan sebutan khas kamu biarkanlah hitung-hitung melestarikan tradisi wkwkwk, contohnya ya saya ini yang menyebut dan menyamaratakan semua kendaraan roda empat pengangkut barang dengan nama "kol dolak" ahaahahaha.

Oke deh karena waktu sudah agak larut dan sang calon istri saya sudah manyun menunggu telepon mari kita langsung bahas tentang jenis kendaraan berdasarkan tipe dan fungsinya.

Sedikit curhat nih jenis kendaraan pertama yang akan saya bicarakan ini adalah tipe yang saya idam-idamkan  wkwkwkw karena itu saya pasang pada urutan pertama. SUV atau lengkapnya Sport Utility Vehicle adalah sebuah kendaraan yang memiliki performa tinggi, sesuai namanya tampilan dari jenis ini cenderung lebih sporty namun tetap elegan. Sebutan sebagai utiliy vehicle memang tidak salah karena jenis kendaraan seperti ini mempunyai performa yang tinggi di segala medan. Di Indonesia sendiri jenis ini termasuk banyak digunakan oleh golongan menengah keatas karena harganya yang cnderung mahal.
(Toyota Fortuner, Honda CR-V, Nissan Terrano dan X-Trail, Ford Escape)

Toyota Fortuner






Untuk jenis yang kedua adalah MPV Multi Purpose Vehicle yang dalam bahasa Indonesianya adalah kendaraan yang mempunyai multi fungsi jadi tidak hanya TV saja yang bisa multi system wkwkwkw, kendaraan ini diperuntukan sebagai kendaraan yang bisa mengangkut banyak penumpang sekaligus barang bawaan tapi jangan disamakan dengan angkutan umum di Indonesia yang seenaknya mengangkut orang dan barang bawaan overload bagaikan ikan asin yang ditumpuk, pada era 90an kendaraan jenis ini lebih dikenal dengan van. Jenis ini terbagi kedalam dua bagian yaitu Small MPV (Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia) dan Big MPV ( Toyota Alphard dan Nissan Serena).

Toyota Avanza
Nissan Alphard











okay mari kita lanjut kendaraan berikut ini adalah kendaraan yang pastinya sering kita lihat dalam keseharian,  Hatchback adalah sejenis sedan dengan karakteristik yang khas yaitu tanpa bagasi belakang. Sedan tipe ini memiliki bentuk yang lumayan kecil (jika dibandingkan dengan truk atau bus) wkwkwk. Overall si hatchback ini termasuk kendaraan yang paling diminati, lihat saja dalam sehari-hari jalanan tidak pernah luput dari gilasan si hatchback
(Honda Jazz, Toyota Yariz, Suzuki Swift)

Berikutnya adalah Pickup, dari artinya sendiri yaitu mengangkut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kendaraan ini difungsikan sebagai kendaraan pengangkut barang, yang paling memprihatinkan adalah kendaraan jenis ini sangat banyak didominasi oleh kendaraan lama yang sebenarnya sudah tidak layak jalan lagi dengan asap buangannya yang hitam pekat memenuhi jalanan.


Description: Macam macam jenis kendaraan yang harus kita kenal seperti SUV MPV dan lain-lain Rating: 4.5
23.48

Artikel Terkait:

0 comments:

Poskan Komentar

 

Copyright © Catatan Ananda for Fortuner SUV Terbaik Design by NoShadow Kick | Powered by Blogger